Petunjuk Praktis Studi dan Hidup di Australia

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) periode 2014-2015 mengeluarkan Buku Pintar PPI Australia: Buku Petunjuk Praktis tentang Studi dan Hidup di Australia. Isinya menurut saya sangat bagus mengenai apa-apa saja yang harus dipersipakan jika dan sebelum akan belajar di Australia. Disini saya mencoba merangkumnya dalam daftar singkat tips apa saja yang harus dilakukan jika akan pindah ke Australia, tentu saja yang menurut saya penting, dibukunya sendiri ada 15 hal, kalau penasaran bisa dilihat pratinjau bukunya yang saya sertakan di tulisan ini.

PPI-Australia-Buku-Petunjuk-Praktis-tentang-Studi-dan-Hidup-di-Australia

A. Sebelum Ke Australia

1. Hapalkan Teritori Australia dan Pelajari tentang Iklim

Setidaknya kita perlu upgrade map di kepala kita, jadi lokasi-lokasi kota di sebelah utara, selatan, barat, timur sudah di luar kepala. Selain itu, berbeda dengan di Indonesia yang mempunyai suhu hangat dan ternyaman di bumi, Australia mempunyai suhu rata-rata di bawah suhu Indonesia. Persiapkan pakaian sebelum kedatangan kita. Dibukunya sendiri pada halaman 7 dijabarkan rentang suhu udara di sana.

2. Dokumen Pengurusan Visa

Pengalaman saya untuk pengurusan lebih mudah jika via agen pendidikan, di halaman 14 buku ini ada beberapa persyaratan umum, namun waktu itu saya mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Paspor yang masih berlaku selama 6 bulan kedepan.
  2. Hasil Medical Checkup
  3. Pasphoto 4 x 6 ( 3 lembar )
  4. COE ( Confirmation of Enrolment )
  5. Kartu Keluarga
  6. Akte Lahir
  7. Surat Sponsor, Surat Pernyataan dan Surat Perwalian. (Letter of Sponsorship atau Letter of Guarantee)

3. Dokumen dan Barang yang Perlu dibawa ke Australia

  1. Sertifkat IELTS/TOEFL
  2. Ijazah S1/S2 bagi yang menempuh postgraduate study
  3. Paspor
  4. SIM Indonesia atau SIM Internasional (jika ingin berkendara di Australia)
  5. Konverter stop kontak

B. Tiba di Australia

4. Proses Imigrasi

Berikut ini beberapa tips agar tidak mengalami banyak kendala saat pemeriksaan imigrasi (halaman 18):

  1. Pastikan bahwa mengepak sendiri koper dan barang bawaan untuk memastikan tahu semua isi koper.
  2. Isi Incoming Passenger Card dengan cermat. Declare atau nyatakan barang-barang bawaan sesuai kategori di dalam form. Bila tidak yakin apakah barang yang dibawa termasuk dalam kategori tersebut, nyatakan “Yes”, karena bila kedapatan barang tersebut dibawa namun tidak dinyatakan, terdapat sanksi membayar denda uang yang tidak sedikit.
  3. Bila membawa bahan makanan ataupun obat-obatan dari Indonesia, pastikan berupa produk-produk dalam kemasan yang tertutup rapat.
  4. Packing barang-barang yang dinyatakan dalam form menjadi satu (akan lebih baik dalam wadah transparan) agar mudah bila diminta menunjukkan kepada petugas imigrasi. Misal : masukkan obat yang sedang Anda konsumsi ataupun produk makanan dalam satu wadah terpisah.

Baca dengan detil informasinya di http://www.immi.gov.au/About/Pages/managingaustralias-borders/air-travel.aspx dan http://www.customs.gov.au/default.asp

5. Melaporkan diri di Kedutaan Besar Indonesia

Lapor diri hukumnya wajib bagi WNI yang hendak tinggal lebih dari 1 bulan di kota atau negara yang dikunjungi. Menurut UU No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan:

Setiap WNI yang berada di luar negeri baik dalam rangka kunjungan sementara atau menetap di luar negeri wajib melaporkan diri kepada Perwakilan RI terdekat. Sanksi bagi WNI tidak melaporkan diri sesuai Pasal 89 UU nomor 23 tahun 2006 adalah denda administratif maksimal Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)”.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  • Paspor asli
  • Visa/Entry to Australia yang masih berlaku
  • 1 (satu) lembar pasfoto ukuran dan latar belakang warna bebas
  • Mengisi formulir permohonan
  • Bukti alamat tempat tinggal seperti driving license, bank statement atau billing statement

Alamat kantor Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal RI di Australia

Embassy of the Republic of Indonesia in Australia 8 Darwin Avenue Yarralumla Canberra – ACT 2600.Phone: 250 8600 Fax: 250 8666 Cable: PERWAKILANHours of Business: Monday – Friday 9.00 am -12.30 pm., 1.30pm – 5.00pm
Consulate General of the Republic of Indonesia Jurisdiction Thoughout: New South Wales, Queensland, and South Australia 236-238 Maroubra Road Maroubra, NSW – 2035Phone: 344 9933 Phone: 29 7741 (Commercial Office)Hours of Business : Monday-Friday 9.00 am – 1.00 pm., 2.00 pm – 5.00 pm
Consulate of the Republic of Indonesia Jurisdiction Thoughout: Victoria and Tasmania 72 Queen’s Road Melbourne VIC-3004Phone: 525 2755 Fax: 525 1588 Telex: AA35223 KRIMEL
Consulate of the Republic of Indonesia Jurisdiction Thoughout: Western Australia, Cocos, and Christmast Island 134 Adelaide Tce. East Perth , WA-6004Phone: 221 5858 Fax: 221 5688
Consulate of the Republic of Indonesia Jurisdiction Thoughout: Northern Territory. 18 Harry Chan Avenue Darwin , NT 0800Phone: 41 0048 Fax: 412709 Postal Address: Po Box 1953, Darwin NT. 0801

6. PerBankan

Pembukaan rekening Bank dapat dilakukan sebelum atau sesudah di Australia. Untuk pembukaan sebelum tiba di Australia bisa melalui link berikut:

  1. Commonwealth Bank of Australia (CBA) –  https://www2.my.commbank.com.au/netbank/EO.Apply.MigrantCustomers/Application.aspx?dl=WMGAPOD0WF
  2. National Australia Bank (NAB) –  https://www.tfaforms.com/197860
  3. Australia and New Zealand Banking Group (ANZ) – https://www.anz.com/personal/travel-foreign-exchange/forms/non-resident-oneplusone/
  4. Westpac Banking Corporation –  www.westpac.com.au
  • Operasional 09.00/9.30 pagi hingga pukul 04.00 sore dari Senin-Kamis dan hingga pukul 05.00 sore pada hari Jumat. Beberapa cabang utama bank juga buka pada hari Sabtu dari jam 09.00 pagi hingga jam 12.00 siang.
  • Bila menggunakan ATM bank lain, dikenakan biaya administrasi antara $0.50-$1 untuk pengecekan saldo dan $2 untuk penarikan tunai. Biaya ini akan ditampilkan di layar ATM, namun terdapat beberapa bank yang bekerja sama, sehingga anda dapat menggunakan kartu ATM bank CBA di ATM Westpac ataupun kartu bank NAB di Redi ATM tanpa dikenai biaya administrasi.

7. Komunikasi

Operator telekomunikasi di Australia terdiri dai 4 (empat) yaitu TelstraVodafoneOptusThree (3) dan Virgin Mobile. Tidak seperti di Indonesia, di Australia anda pada umumnya akan mendapat pulsa yang jauh lebih banyak dari jumlah yang dibayar, misalnya, dengan membayar $29, mendapat pulsa sebesar $300 serta sejumlah pulsa data internet. Sistem ini dinamakan sistem cap dan yang pada umumya berlaku untuk satu bulan (monthly cap). Jika menggunakan sistem plan, berhati-hatilah agar tidak melebihi kuota bulanan pulsa dan data karena tarif tambahan biasanya cukup mahal. Monthly cap yang ditawarkan berkisar dari $19 hingga $129. (Halaman 22)

8. Akomodasi

  • Cara mendapatkan tempat tinggal yang lebih mudah sekaligus menghemat waktu adalah dengan mencari para pelajar yang telah menyelesaikan studinya dan hendak kembali ke negara asalnya, lalu mengambil alih kamar/unit/rumah mereka sebelum diambil alih oleh penghuni lain, ataupun sebelum dipasarkan kembali oleh pemilik dari kamar/unit/rumah tersebut.
  • Untuk akomodasi on-campus bisa mengunjungi UniLodge.
  • Mengenai pembayaran sewa awal, akan diminta membayar sejumlah uang yang terdiri dari biaya sewa minggu pertama, rental bond/ deposit (berkisar sebesar biaya sewa 2-4 minggu), dan agreement fee. Rental bond bersifat deposit, dan akan mendapatkan uangnya kembali setelah masa sewa berakhir. Agen real estate atau pemilik properti tidak berhak memasukkan uang rental bond anda ke dalam rekening bank mereka sendiri. Mereka harus menitipkannya ke Office of Fair Trading. (Halaman 25)

9. Transportasi

Transportasi Umum

Moda Transportasi NSW ACT QLD SA WA NT TAS VIC
Bus o o o o o o o o
Kereta o o o o o o o
Tram o o o o
Ferry o o o o o o o
Nama Kartu Opal Card My Way Go Card Metro Smart Rider Tap and Ride Card Green Card MyKi

Transportasi Pribadi (Kepemilikan Mobil)

Kepemilikan Kendaraan di Australia

Mengendarai kendaraan bermotor diatur oleh pemerintah negara bagian dan teritori. Untuk dapat mengendarai mobil di Australia, penduduk harus memiliki surat izin mengemudi dan mendaftarkan kendaraannya. Tidak mematuhi atau melanggar hukum lalu lintas dapat berakibat denda, kehilangan surat izin mengemudi, atau bahkan dihukum penjara. Wajib bagi setiap orang untuk memakai sabuk pengaman ketika melakukan perjalanan dengan mobil (atau dalam kasus anak kecil atau bayi, alat penahan yang disetujui).

SIM

Surat izin mengemudi dikeluarkan oleh pemerintah negara bagian dan teritori dan biasanya mewajibkan pemohon untuk lulus tes pengetahuan (knowledge test), tes praktik mengemudi dan tes penglihatan. Seseorang tidak dapat mengemudi tanpa surat izin yang sah. Untuk persyaratan dan informasi lebih lanjut, dapat dilihat di website KBRI/KJRI per wilayah. Contoh persyaratan untuk menerbitkan surat izin mengemudi di ACT adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukan paspor dan visa asli yang masih berlaku
  2. Menunjukan SIM Indonesia asli yang masih berlaku
  3. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan
  4. Membayar biaya administrasi sebesar AUD 25 dengan menggunakan money order/ company cheque/ bank cheque, tidak menggunakan personal cheque dan bukan cash, ditujukan kepada “Indonesian Embassy”

Asuransi

  • Pemilik kendaraan di Australia diwajibkan membayar biaya registrasi dan asuransi wajib pihak ketiga (the Compulsory Third Party Insurance/CTPI). CTPI atau sering disebut CTP green slip diperuntukkan bagi pemilik ataupun orang lain yang mengemudi kendaraan pribadi serta penumpang apabila terjadi kecelakaan. Informasi lebih lanjut mengenai CTPI bisa dibaca di website berikut http://apps.treasury.act.gov.au/compulsorytpi/ faq/01.
  • Perlu diketahui bahwa CTPI tidak dapat digunakan untuk klaim kerusakan kendaraan. Pemilik kendaraan bisa mengurus jenis asuransi kendaraan (car insurance) bila merasa membutuhkan, namun tidak wajib.
  • Biaya CTPI sangat bervariasi tidak hanya karena perbedaan mobilnya tetapi juga siapa yang biasa menggunakan mobilnya. Provider CTPI maupun car insurance yang dapat dijadikan pilihan antara lain NRMA, AAMI, Allianz, CIC Allianz, GIO, QBE, dan Zurich.
  • Selain asuransi, ada juga jasa bantuan seandainya kita punya masalah dengan kendaraan misalnya ban kempes, aki mobil habis, atau mobil tiba-tiba mati tanpa tahu sebabnya. Jasa pelayanan ini disebut Roadside & Breakdown Assistance dan siap jaga 24/7 alias 24 jam sehari 7 hari seminggu. Perlu membership khusus di provider di atas untuk bisa memperoleh bantuan ini.

Lain-lain

Untuk mahasiswa berkeluarga dan memiliki balita, wajib untuk memiliki baby seater di dalam mobil untuk keamanan. (Halaman 29-30)

10. Kesehatan

Overseas Student Health Cover (OSHC)

Terdapat 4 perusahaan asuransi berbeda untuk penyediaan asuransi kesehatan (Overseas Student Health Cover/ OSHC) yang digunakan untuk persyaratan visa, yakni, AHM, NIB, Medibank, Bupa, dan Alianz (https://oshcaustralia.com.au/en). Semua proses pendaftaran dan pembelian asuransi dapat dilakukan online. Hal yang tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan hanyalaha dokter umum (General Practitioner) sehingga biaya dokter spesialis seperti perawatan gigi, fsioterapis, obat yang tidak diresepkan oleh dokter, dan sebagainya tidak ditanggung.

Kontak Penting

11. Sekolah Anak

  • Pencarian tempat penitipan anak yang terdaftar di Department of Social Services dapat dicari melalui http://www.mychild.gov.au/sites/mychild,
  • Pendidikan dasar dimulai saat anak berusia enam tahun, terdiri dari kelas 1 s.d 7, pendidikan menengah bawah terdiri atas kelas 8 s.d. 10, dan pendidikan menengah atas (setingkat college) terdiri atas kelas 11 s.d. 12. Biaya pendidikan bervariasi antar negara bagian, umumnya pendidikan di public schools tidak dipungut biaya. Tahun akademik diawali pada bulan Januari atau Februari, serta berakhir di akhir tahun.
  • Persiapkan terjemahan buku rapor maupun kartu imunisasi (bagi balita ataupun anak usia sekolah dasar) sebagai persyaratan pendaftaran sekolah anak.

12. Bekerja Paruh Waktu

Dirangkum oleh,

 

Riza Azmi
PhD in Informatics, University of Wollongong


Tulisan ini sebelumnya dimuat di: http://suryanara.org/home/petunjuk-praktis-tentang-studi-dan-hidup-di-australia/

Petunjuk Praktis Studi dan Hidup di Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *