Pengalaman dengan OSHC family, hamil, dan melahirkan di Gong (Part 1 – OSHC family)

OSHC (Overseas Student Health Cover) naik lagi!!

Hal ini yang pertama kali menjadi pertimbangan untuk para student yang mau membawa serta keluarganya. Tidak dipungkiri banyak teman kami yang akhirnya urung, memilih untuk LDR dengan anak dan pasangan, gara-gara biaya OSHC  super tinggi yang bisa bikin collapse rekening yang menopang beasiswa?.  Di kampus saya UOW, BUPA sebagai provider OSHC menetapkan quote yang makin kesini dirasa makin muahal. Kabarnya begitu pun juga dengan provider di kampus lain, misalnya Allianz.

 Untuk BUPA, ada 3 macam rate: single, couple, dan family.

Single rate yang ditetapkan tidak masalah karena sudah masuk coverage dari sponsor beasiswa. Tapi para sponsor tersebut (termasuk Australia Awards, LPDP, spirit) tidak akan menanggung couple dan family rate. Kabar baiknya, yang family rate tidak ada limit jumlah anak. Bila ada anak baru lahir, tidak ada tambahan biaya, hanya update keanggotaan saja.

Berikut quote yang pernah didapat (dengan bertanya langsung ke student central karena quote online dari websitenya jatuhnya lebih tinggi):

BUPA rate (Master student)
December 2013 – OSHC Single Rate for 24 months      $955.02
December 2014-OSHC Family Upgrade for 24 months       $3,288.00
BUPA rate (PhD student)
December 2016 – OSHC Single Rate for 40 months      $2,226.51
December 2016 – OSHC Family Upgrade for 40 months      $7,929.47
Penentuan tanggal awal dan tanggal akhir masa berlakunya oshc dilihat dari tanggal berlaku visa.

Karena pihak kampus menyadari bahwa OSHC ini salah satu requirement pengajuan visa yang kalau terhambat pembayarannya bisa menyebabkan delay keberangkatan, maka UOW biasanya akan menawarkan untuk memberi talangan dulu di awal dan pembayarannya bisa menyusul sesampainya kita di Oz. Urusan pinjaman jadinya langsung dengan kampus, tercatat di SOLS – academic system. Harus tepat waktu ya pembayarannya karena kalau ternyata masih ada outstanding debt misal ada cicilan OSHC yang belum lunas, final grade kita akan withheld seperti yang pernah saya alami di penghujung semester lalu hehe. Oya kalau ternyata keluarga kita tidak jadi datang atau keberangkatan mundur dari rencana awal, kita bisa mengajukan refund. Saya dapat refund $700 dengan menunjukkan cap paspor anak dan suami saya yang mundur berangkat 6bulan dari rencana awal.

Oke setelah memegang kartu OSHC, kita bisa tenang menjalani masa kuliah. Bila sakit maka jangan ragu untuk langsung booking appointment dengan dokter umum yang istilahnya disini GP (general practitioner). Setahu saya semua medical service disini hanya bisa ditemui dengan appointment sebelumnya, termasuk GP, kecuali kasus emergency bisa langsung ke hospital. Jadi untuk mendapatkan medical service kita akan diberikan slot waktu, kita tahu harus datang jam berapa dan tidak harus mengantri lama-lama.

Semua biaya konsultasi bila hanya terkait GP akan langsung bulk-billed, total dicover oleh BUPA dan tidak ada gap. Namun bila GP meresepkan obat kita ya harus beli dengan uang sendiri, belinya biasanya di apotik yang menerima prescription (Chemist, Priceline pharmacy, dll). Selain konsultasi dengan GP, layanan medis (yang pernah saya lakukan: blood check, IUD removal, dan ear vacuum) harus membayar sendiri dulu untuk kemudian direimburse berdasarkan item di schema benefit yang kadang ada gap sampai sekitar 30%, item2 tersebut bisa dicek di http://www.bupa.com.au/for-providers/medical/bupa-australia-medical-gap-scheme-schedule

Perlu diingat, gigi dan mata sama sekali tidak dicover OSHC jadi sebaiknya sebelum berangkat ke Australia kita fix-kan dulu ke dokter gigi semua masalah gigi kita atau beli kacamata cadangan untuk yang memakainya. Atau kalau misal ternyata berlanjut disini BUPA menyediakan extra cover (kartu & membership number terpisah, plus biaya premi yang lumayan perbulannya). Itupun ada 2 months waiting period dan hanya 60% coverage. 1 (satu saja) tambalan gigi kita dicharge $185 dan dengan extra coverage itu pun hanya dicover $111.3 sisanya kita bayar sendiri jadi mahal banget kan yaaa.

Klaim reimbursement ke BUPA bisa dilakukan dengan menunjukkan tax invoice (mereka perlu item numbernya) ke counter BUPA. Di Wollongong, counter BUPA bisa kita temui di student central dan di Crown street mall. Pencairan dari BUPA bisa dalam bentuk transfer ke rekening langsung atau mereka akan mengirimkan cek via post. Kita dapat juga melihat detail dan proses reimbursement kita secara online dengan meregistrasi nomor BUPA kita sehingga mendapat akun dan dapat login di https://login.bupa.com.au/member-self-service

Artikel ini untuk jaga2, semoga rekan2 tidak pernah sampai sakit ya?

Postingan Selanjutnya

Pengalaman Dengan OSHC Family, Hamil, dan Melahirkan di Gong (Part 2 – Pengalaman Suami)

Pengalaman dengan OSHC family, hamil, dan melahirkan di Gong (Part 1 – OSHC family)

4 thoughts on “Pengalaman dengan OSHC family, hamil, dan melahirkan di Gong (Part 1 – OSHC family)

  1. Natassha says:

    Hallo Mba, salam kenal ya.. artikelnya sangat mencerahkan, terimakasih 🙂 kebetulan suami akan lanjut PhD di UoW februari 2017 ini. Saya ingin bertanya perihal biaya upgrade OSHC family yg bisa ditalangi oleh UoW terlebih dahulu. Berkenaan dengan pelunasannya sendiri, diberikan waktu hingga brp lama mba oleh kampus? Apakah harus lunas dalam 1 semester awal?

    Terimakasih mba sebelumnya

    1. Halo mbak Natassha, salam kenal juga. Amannya sih lakukan pelunasan dalam semester pertama mbak khususnya untuk kami yang ambil program coursework, karena biasanya final grade akan dipublish untuk para student yang “outstanding debt”-nya clear. UoW ngasih talangan dulu biar bisa dibayar segera setelah dapat establishment fee dari para sponsor beasiswa. Tapi kalau ada enquiry lain (misalkan minta dicicil sampai waktu yang lebih lama) bisa dicoba nego aja pelunasannya ke staff di student central (kalau kita masih di Indonesia, kontak2 via email ke PIC yang nerbitin LOA kita). Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *